please wait

Peringatan Hari Buku Sedunia di SMK Wikrama Bogor: Yuk, membaca!


Dalam rangka memeringati Hari Buku Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April, perpustakaan SMK Wikrama Bogor menyelenggarakan workshop kepenulisan dan bedah buku kumpulan cerita karya Ade Ubaidil yang berjudul "Surat yang Berbicara Tentang Masa Lalu". Acara tersebut berlangsung dengan sangat menarik. Para peserta juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dengan mengusung tema "Buku sebagai Mercusuar Peradaban Dunia" acara ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung budaya literasi siswa/i SMK Wikrama. Sebelumnya perpustakaan SMK Wikrama Bogor juga telah mengadakan lomba seputar literasi yang diselenggarakan sejak tanggal 16 April 2018, diantaranya lomba resensi buku, menulis cerpen, puisi, serta pemilihan duta baca.

 

Dalam acara inti mengenai workshop kepenulisan, SMK Wikrama mengundang Ibu Triani Retno Adiastuti, Ari Keling, serta Ade Ubaidil sebagai pembicara. Siapa yang tak mengenal mereka? Mereka adalah para penulis yang karya-karyanya sudah banyak diterbitkan. Di akhir acara, salah satu pembicara—Ari Keling—menyampaikan kesan-kesannya setelah menjadi pembicara dalam acara tersebut, "sebagai penulis tentu saya senang sekali diundang oleh SMK Wikrama Bogor. Sebab sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki program-program yang sangat bagus. Apalagi sekolah ini juga 'melek' soal membaca dan menulis," tuturnya. Selain itu, ia juga menyampaikan pesan kepada siswa/i SMK Wikrama bahwa, selain gemar membaca mereka juga harus gemar menulis karena menulis bisa menjadi sarana untuk menyalurkan emosi dan melepaskan kecemasan dalam diri seseorang.

 

Pada kesempatan yang sama, SMK Wikrama juga me-launching buku karya siswa/i yang berjudul "Berkarya dalam Warna" dan website perpustakaan SMK Wikrama—sebagai pendukung kegiatan literasi siswa. Kini tidak ada lagi alasan untuk malas membaca. Yuk membaca karena dengan membaca akan membuka jendela dunia.