please wait

Pentingnya Sertifikasi K3 dalam Dunia Kerja


Persaingan dunia kerja di era globalisasi saat ini semakin ketat. Dengan kondisi seperti ini, para lulusan dituntut untuk memiliki keterampilan dan keahlian sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh industri. Akan tetapi, SMK—sebagai sekolah yang mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan pekerjaan—oleh BPS dianggap sebagai penyumbang pengangguran, lulusan SMK sudah tidak bisa diserap oleh industri terutama jurusan TKJ. Faktanya adalah para lulusan bukan tidak bisa diserap oleh industri, namun mereka tidak memenuhi standar industri, padahal lulusan SMK sangat dibutuhkan di dunia industri. Hal tersebut bisa dilihat di SMK Wikrama bahwa, para lulusan—terutama TKJ—sangat dibutuhkan di dunia industri. Namun tidak dipungkiri bahwa banyak di antara tenaga lokal yang memiliki keahlian, tetapi belum memiliki sertifikasi, misalnya sertifikasi K3.

 

Oleh sebab itu, 06 Maret 2018 lalu, Skyrope berkunjung ke SMK Wikrama Bogor untuk menjalin relasi dan berdiskusi mengenai pentingnya sertifikasi K3 pada tenaga kerja--khususnya untuk para lulusan TKJ. Sertifikasi K3 yang dimaksud dalam diskusi kali ini adalah sertifikasi K3 pada ketinggian. Skyrope kini juga sudah mulai masuk ke dunia pendidikan, mereka memiliki harapan bahwa output yang akan dicapai adalah menciptakan generasi yang bjsa diserap oleh industri juga ingin menghasilkan SDM yang qualified. Hal tersebut juga sama dengan tujuan SMK Wikrama. SMK Wikrama siap menjadi media untuk percontohan K3 di sekolah dan menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK).

 

Dengan adanya sertifikasi dan lisensi K3 diharapkan para lulusan tidak hanya memiliki keahlian yang bagus, namun juga sesuai dengan standar industri yang diharapkan.