please wait

Pelatihan Kewirausahaan dari Alus Spirit


Sabtu kemarin, tanggal 23 September 2017, sekitar pukul 09.00 s/d 11.00 WIB, di SMK Wikrama Bogor, diadakan pelatihan kewirausahaan dari Lembaga Pengembangan Diri oleh founder Alus Spirit, Kang Cucu Haris, S.E (Kang Achoey).

Peserta pelatihan terdiri dari siswa/siswi SMK Wikrama Bogor yang mengikuti CBT Kewirausahaan, para warga sekitar, dan guru yang konsen pada kewirausahaan dan issue lingkungan hidup. Kang Achoey—begitu panggilan akrab founder Alus Spirit ini—mengungkapkan dua sesi pelatihan yang dilakukan selama acara. Sesi 1 adalah pembahasan seputar Business Plan Simulation. Pada sesi 1 peserta dibagi dalam 5 kelompok , masing-masing kelompok diberikan kesempatan memilih 5 jenis bahan baku produk, 2 alat produksi dan 1 tempat berjualan. Mereka diminta mendirikan perusahaan, menciptakan produk, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berkaitan tentang strategi berwirausaha. Sesi 2 adalah pembahasan tentang Business Model Canvas, di mana peserta diajarkan dan dijelaskan tentang cara-cara membangun sebuah bisnis hanya dengan menggunakan canvas. Mereka harus tahu tentang product value, target market, channels, dan lain-lain yang berkaitan langsung dengan bisnis yang akan/sedang mereka bangun.

“Sekolah yang keren. Lingkungannya asri dan sejuk. Walau terletak di gang yang lumayan jauh dari jalan, namun di dalamnya tersimpan keindahan yang membuat takjub. Langsung selfie deh saya,” ujarnya dengan emot senyum, saat diwawancara via Facebook oleh penulis.

(Red: Dia)