please wait

Jangan Lupa Membaca Surat Al Kahfi


SMK WIKRAMA BOGOR - Surat Al Kahfi adalah surah ke-18 dalam Al-Quran. Terdiri dari 110 ayat dan diterjemahkan menjadi "Gua". Surah ini dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu surat penting di Al Qur'an.

Surat Al-Kahfi diturunkan di Makkah (pengecualian untuk ayat 28, 83 dan 101 diturunkan di Madinah) dan merupakan salah satu dari lima surat Mekah dimulai dengan "alhamdulilah" (Alhamdulillah).

Surah Al-Kahfi memiliki banyak keutamaan sehingga Nabi Muhammad sendiri memerintahkan pengikutnya untuk membacanya setiap hari Jumat.

Hingga saat ini, umat Islam didorong untuk membaca dan melafalkan surah Al-Kahfi setiap hari Jumat. Tapi apa sebenarnya yang mereka peroleh dari melakukannya?

Berikut keutamaan membaca Al Kahfi setiap hari Jum’at yang dirangkum dari Liputan6 dan Dream.

Keutamaan membaca surat Al Kahfi

Mengingatkan keimanan 

Surah Al Kahfi penting karena mengingatkan pentingnya keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa".

Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya". Surah Al-Kahf (Gua) - Ayat 110

Diterangi cahaya di antara dua Jum'at

Banyak hadits yang membicarakan pahala membaca Surat Al-Kahfi. Diberitakan, dalam hal ini, orang yang melafalkan sepuluh ayat pertama (atau sepuluh ayat terakhir menurut hadits) dari surah ini, akan diterangi oleh cahaya (Noor) antara hari Jumat ini dan berikutnya.

Nabi (saw) berkata: "Siapa pun yang membaca Surah Al-Kahfi (Gua) pada hari Jumat, Allah menerangi itu antara dua hari Jumat ". Hadits diriwayatkan oleh An-Nassai, Al-Hakem dan Al-Bayhaqi menurut Abu Said al-Khudari, disahkan oleh Al-Albani.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Kandungan Surat Al Kahfi

Dalam Surat Al-Kahfi, terdapat berbagai kisah dan penjelasan terkait keimanan, hukum-hukum islam, serta pengingat akan hari kiamat. 

Surat ini menjelaskan berbagai konsep keimanan, seperti kekuasaan Allah SWT hingga dasar-dasar Tauhid dan kalimat-kalimat Allah (ilmu-Nya), amat luas sekali, meliputi segala sesuatu.

Selain itu, surat Al Kahfi menceritakan beberapa kisah yang bisa dijadikan hikmah dan pembelajaran bagi umat islam, yakni kisah 7 pemuda Ashabul Kahfi, kisah Nabi Musa AS dengan Nabi Khidir, dan juga kisah Dzulkarnain dengan Ya'juj dan Ma'juj. 

 

Sumber : merdeka.com