please wait

LSP JMKP Lakukan Sertifikasi Food Handler Untuk Lulusan Tata Boga Wikrama


SMK WIKRAMA BOGOR – SMK Wikrama menggelar Uji Kompetensi (Ujikom) skema Sertifikasi Okupasi Nasional Penjamah Makanan (Food Handler)  untuk lulusan Tata Boga, dengan menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan (JMKP) yang mempunyai lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai Asessor.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari (22-23/10/2020), bertempat di Laboratorium Tata Boga Wikrama.

Peserta adalah siswa jurusan Tata Boga yang lulus tahun ini, 30 peserta dibagi dalam 3 sesi.

Tim Assesor JMKP berjumlah 3 (tiga) orang yang masing-masing menguji 10 peserta dalam setiap sesi, sesuai dengan standar LSP.

Hasilnya, 25 siswa dinyatakan lulus dan akan mendapatkan sertifikat Food Handler  BNSP.

Ketua Kompetensi Keahlian Tata Boga, Tri Jaya Suling, S.Gz. menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan modal untuk lulusan agar siap terjun ke dunia industri.

“Jadi karena mereka itu akan terjun ke dunia industri otomatis mereka itu harus punya lisensi, yang membuktikan bahwa mereka itu apakah kompeten di bidangnya ataukah belum ”, ungkap Tri.

Kompetensi yang dinilai adalah hygiene (pemeliharaan kesehatan) dan sanitasi (usaha pencegahan penyakit) dalam pengolahan makanan.

“Yang dinilai dari skema Food Handler ini adalah cara menangani dan menyajikan bahan makanan, apakah sudah sesuai dengan standar keamanan pangan atau belum”, tambahnya.

LSP JMKP memberikan penilaian secara umum lulusan Wikrama kompetitif untuk bersaing di dunia industri, dilihat dari kompetensi yang ditampilkan selama uji kompetensi.

“Hasilnya secara umum bagus, kami menilai lulusan Wikrama sudah siap untuk terjun ke hotel, restoran atau tempat industri lain. Tempat uji kompetensi (Laboratorium Tata Boga) juga sudah memadai untuk menjadi pendukung uji kompetensi ini”, tutur Derry Ferdiansyah, anggota tim LSP JMKP.

LSP JMKP adalah lembaga yang melakukan sertifikasi kompetensi kerja bidang jaminan mutu dan keamanan pangan yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Irma Rohima, S.Si. selaku ketua LSP Wikrama menekankan pentingnya para lulusan mengikuti Uji Kompetensi ini

"Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat BNSP berlogo Garuda yang diakui secara nasional dan internasional. Seritifikat ini sangat dibutuhkan di dunia kerja, sebagai pembuktian kemampuan keahlian mereka di bidang Tata Boga", ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa setiap tahun Wikrama selalu mengadakan kegiatan sertifikasi profesi untuk semua jurusan.

“Karena masih dalam kondisi pandemi, Ujikom semua Kompetensi Keahlian di Wikrama akan dilaksanakan secara bertahap, setelah Tata Boga mungkin nanti jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan dilanjutkan jurusan lain”, pungkasnya. (MF)