please wait

398 Siswa Wikrama Lolos TOEIC


SMK WIKRAMA BOGOR – Sebanyak 398 siswa SMK Wikrama Bogor Lolos ujian TOEIC (Test of English for International Communication) tahun 2020 yang difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (DITPSMK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sebagaiama disampaikan oleh Komalasari, S.Pd. selaku Manajer Penjamin Mutu SMK Wikrama Bogor saat dihubungi (20/10/2020).

Alhamdulillah, siswa begitu serius sehingga membuahkan hasil. Dari 398 yang lolos, 299 siswa dari kelas XI (sebelas) dan 99 siswa dari kelas XII (dua belas), mereka bersaing dengan 75.000 siswa lainnya dari SMK se-Indonesia”, ungkapnya.

Siswa yang lolos tersebut telah mengikuti beberapa tahapan sebelum dinyatakan lolos ujian TOEIC, diantara seleksi dan pelatihan menghadapi materi TOEIC.

“Untuk pelaksanaannya secara online dengan sistem CBT (Computer based Test), dan kami selaku pembimbing menjadi pengawas, yang instrumennya telah disiapkan oleh Direktorat. Sebelumnya mereka juga mengikuti seleksi melalui aplikasi VIERA”, tambahnya.

Dilansir dari laman DITPSMK, TOEIC (Test of English for International Communication) adalah ujian sertifikasi internasional kemampuan bahasa Inggris yang banyak digunakan di dunia kerja dan pendidikan. Secara umum, jika TOEFL biasanya digunakan oleh para pelamar beasiswa atau untuk masuk ke perguruan tinggi, TOEIC biasanya digunakan bagi yang ingin melamar pekerjaan di luar negeri.

DITPSMK Kemdikbud RI bekerja sama dengan International Test Center (ITC) sebagai pelaksana dalam menjalankan program ini, biaya juga sepenuhnya difasilitasi DITPSMK.

Untuk dapat mengikuti TOEIC ini, SMK harus mendaftarkan sekolahnya secara online, kemudian siswa yang terdaftar akan mengikuti seleksi dengan aplikasi VIERA sesuai jadwal yang ditetapkan, baru selanjutnya mengikuti ujian TOEIC apabila dinyatakan lolos.

DITPSMK menentukan target kelulusan untuk siswa SMK adalah memperoleh skor 450, yakni pada level intermediate.

“Kami menyambut baik program ini, sertifikat TOEIC merupakan sertifikasi yang diakui secara internasional, jadi sangat bermanfaat untuk digunakan oleh para lulusan SMK dalam bersaing di dunia kerja. Semoga di tahun depan kita bisa meningkat”, pungkas bu Mala. (MF)

 

 

Sumber terkait :

http://psmk.kemdikbud.go.id/

https://itc-indonesia.com/toeic/