SMK WIKRAMA

Pilih jurusan TJKT atau PPLG? Simak Perbedaanya!

Bogor

Pilih jurusan TJKT atau PPLG? Simak Perbedaanya!

Apa itu tkj?

Bidang keahlian TJK atau kepanjangan dari Teknik Komputer dan Jaringan ialah suatu jurusan yang ada di SMK atau STM yang mempelajari tentang dunia komputer serta jaringan komputer, mulai dari bagaimana cara menginstal sistem operasi, mencari solusi permasalahan yang terdapat pada PC, bagaimana memperbaikinya, bagaimana cara membuat jaringan ke seluruh dunia, bagaimana cara membuat WEB dan lain sebagainya.

Bidang keahlian TKJ ini saat ini banyak diminati oleh siswa/siswi yang baru saja lulus dari sekolah menengah pertama, yang sebelumnya ia sedang belajar dengan giat untuk mendapatkan nilai yang bagus, supaya nilainya tinggi untuk mendaftar ke sekolah menengah kejuruan dan ingin mendapatkan jurusan yang ia minati salah satunya TKJ. Tidak hanya jurusan tersebut yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan tersebut melainkan banyak sekali jurusan-jurusan yang lainnya, seperti multimedia, teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor, animasi, TPTU, akuntansi, perbankan syariah, rpl, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bidang keahlian TKJ merupakan jurusan yang sangat gampang di pelajari dengan bakat keinginan sendiri dengan cara belajar sampai bisa. Dulunya sahabat greader tidak mengetahui apa itu jurusan TKJ, namun setelah mengambil jurusan itu, sahabat greader tidak tahu bagaimana caranya memperbaiki PC, bongkar pasang CPU , menginstal sebuah aplikasi melalui jaringan LAN atau jaringan yang lainnya.

TKJ merupakan kepanjangan dari Teknik Komputer Jaringan yaitu sebuah kejuruan yang mempelajari tentang bagaimana cara merakit sebuah komputer serta menginstal program sebuah komputer. Kejuruan ini hanya terdapat di SMK atau STM. Program keahlian TKJ tidak sama dengan RPL Rekayasa perangkat lunak atau di singkat dengan nama RPL atau namanya dalam bahasa inggris Software Engineering atau bisa juga Greader singkat SE yang merupakan pekerjaan yang mempelajari langkah-langkah  mengembangkan dan cara membuatnya  pada perangkat lunak.

Jurusan RPL kepanjangan dari Rekayasa Perangkat Lunak ialah suatu kompetensi di bidang keahlian yang berhubungan dengan Teknologi Komputer serta Informatika yang  dapat kita pelajarinya tentang pemrograman komputer. Saat ini kejuruan TKJ ialah kejuruan yang sangat terkenal atau banyak diminati, walaupun mempunyai banyak saingan dari kejuruan TKJ yaitu kejuruan RPL serta multimedia.

Teknik komputer jaringan merupakan bentuk pendidikan yang mengenai teknologi informasi dan juga komunikasi. Teknik komputer dan jaringan sekarang ini telah mulai di kenal di semua orang, karena jurusan tersebut telah mendekati ilmu praktis yang secara langsung bisa di ikuti di sekitar dunia kerja professional. Mengerjakan semua yang berhubungan dengan TKJ merupakan hal yang tidak begitu mudah yang sahabat greader bayangkan apalagi bagi calon siswa yang baru mendaftar kejuruan tersebut.

Nah ini alasan mengapa memilih jurusan ini

  1. Melihat bagaimana perkembangan teknologi informasi dan juga perkembangan komunikasi sekarang ini tidak dapat di perkirakan jika telah menjadi keperluan hidup seseorang dimana pekerjaan seseorang menggunakan teknologi informasi sehingga dapat memudahkan pekerjaan seseorang.
  2. Transaksi bisnis sekarang ini telah bergantung dengan menggunakan mesin-mesin yang dapat bekerja selama 24 jam seperti perusahaan hosting, bank dan juga perusahaan di bidang komunikasi.
  3. Teknologi informasi setiap-harinya makin berkembang tidak ada hentinya dengan kemajuan zaman saat ini.
  4. Peluang kerja di masa depan telah di pastikan bahwa manusia bisa berkomunikasi dengan menggunakan mesin yang dapat bekerja sama, dimana manusia hanya menjalankannya saja.
  5. Di dalam kehidupan sehari-hari manusia telah bergantung pada teknologi informasi dan juga komunikasi yang baik di bidang usaha, ekonomi, dan lain-lainnya yang telah menuju ke bidang pendidikan.

TkJ ialah program keahlian yang tujuannya dapat membuat calon peserta didik dengan keterampilan yang ia miliki, pengetahuan, sikap dan perilaku dalam membuat, menginstall, melindungi, serta memperbaiki komputer, CPU, jaringan. Siswa atau siswi TJK walaupun belum lulus, bisa bekerja di bidang teknik dan juga administrator jaringan di sebuah toko atau di tempat service, kantor, hotel, mall di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Tujuan program keahlian di bidang TKJ ini Greader adalah :

  1. Bisa menginstal perangkat jaringan yang berbasis local
  2. Bisa menginstal perangkat jaringan yang berbasis luas
  3. Bisa menginstal sebuah perangkat komputer personal serta bisa menginstal sistem operasi dan juga aplikasinya
  4. Bisa membuat bangun dan mengadministrasi jaringan yang berbasis luas

Di kelas X, sahabat greader pasti di ajarkan dan di beri tahu bagaimana cara merakit sebuah komputer atau laptop. Dan berbagai macam elemen, seperti CPU, Printer, keyboard, dan lainnya, jika membongkar sebuah PC sahabat greader pasti diajarkan terlebih dahulu mengenali tentang semua elemen yang ada pada PC itu, menjelaskan apa saja yang ada di sana, seperti harddisk, mereknya apa, kapasitasnya berapa, manfaatnya, dan lainnya. Dan juga sahabat greader diberitahu kerusakan apa yang terjadi, dan juga sahabat greader dapat mengelompokkan jenis apa saja yang rusak

Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak?

Jurusan RPL kepanjangan dari Rekayasa Perangkat Lunak ialah suatu kompetensi di bidang keahlian yang berhubungan dengan Teknologi Komputer serta Informatika yang  dapat kita pelajarinya tentang pemrograman komputer. 

EEC komputer society menjelaskan rekayasa perangkat lunak untuk memasang suatu pendekatan secara sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangannya, penggunaan dan perawatan pada perangkat lunak, dan studi atas pendekatan dengan cara memasang engineering.

Rekayasa perangkat lunak ialah perubahan perangkat lunak itu sendiri untuk mengembangkan serta merawat dan juga mendirikan dengan menggunakan prinsip rekayasa agar bisa menghasilkan perangkat lunak yang bisa bekerja lebih bagus dan lebih cepat.

Ciri yang ada pada rekayasa perangkat lunak

  1. Bisa di rawat dan juga di lindungi
  2. Bisa mengikuti kemajuan teknologi
  3. Bisa mengikuti kemauan pemakai
  4. Mudah dan cepat dalam memanfaatkan energy dan pemakaiannya

Perbedaan perangkat lunak dengan ilmu komputer. Ilmu komputer selalu di uraikan sebagai suatu studi yang secara sistematis terhadap suatu algoritma yang dapat menjelaskan serta dapat mengirim suatu informasi misalnya, dengan design, dengan lebih cepat, dengan penjelasan, dengan penelitian serta memasang suatu aplikasi. Sedangkan perangkat lunak ialah data elektronik yang dapat di simpan oleh sebuah komputer itu sendiri, data yang di simpan yaitu program dan instruksi yang akan di proses oleh perintah, ataupun catatan yang akan di perlukan oleh suatu komputer untuk menjalankan suatu perintah yang akan di jalankan.

Tujuan kejuruan pada RPL

  1. Bisa menghasilkan perangkat lunak yang bisa bekerja di berbagai jenis platform
  2. Bisa Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Mempunyai Biaya Yang Cukup Rendah
  3. Bisa Mendapatkan Biaya Produksi Perangkat Lunak Yang Sangat Murah
  4. Bisa Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Mempunyai Kinerja Yang Sangat Tinggi, Handal, Dan Juga Tepat Waktu
  5. Dan Juga Memiliki Ruang Lingkup Kerja

Sumber berita: https://garudacyber.co.id/artikel/1259-lebih-baik-tkj-atau-rpl